RESPON COVID-19: SEMENTARA DI RUMAH SAJA

Pandemi yang telah melanda dunia lebih dari 1,5 tahun ini, masih juga belum ada tanda-tanda berakhirnya. Kasus harian yang terjadi di Indonesia terus meningkat, baik kasus positif harian dan kasus kematian. Termutakhir tanggal 12 Juli 2021, Indonesia memecahkan rekor baru sebagai penyumbang kasus harian Covid-19 terbanyak di dunia, yaitu sebesar 40.427 kasus. Penambahan kasus ini melampaui catatan harian terbaru Inggris (34.471) dan India (27.404).

Sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus dan ini, pemerintah telah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli dengan opsi perpanjangan 6 minggu menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani. Atau PPKM Darurat ini akan berakhir jika target harian sebesar 10.000 kasus per hari terkonfirmasi.

PPKM Darurat ini memiliki skema yang cukup panjang, tapi secara singkat dan sederhana adalah masyarakat yang memiliki pilihan untuk tetap di rumah, maka di rumah saja. Sedangkan bagi mereka yang terpaksa harus keluar dan bekerja, harus menerapkan Protokol Kesehatan 5M. Memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

Bagi mereka yang tetap di rumah saja atau sedang melakukan isolasi mandiri, tak jarang rasa takut, khawatir dan bosan menyelimuti hampir setiap hari. Menyikapi hal tersebut, PKBI DIY telah membuka layanan khusus untuk teman-teman yang sedang di rumah saja atau melakukan isolasi mandiri. Adapun layanan yang PKBI DIY berikan adalah:

Kanca Sambat

Kanca Sambat merupakan layanan konseling teman sebaya. Kanca  yang artinya adalah teman dan sambat yang artinya adalah keluh kesah. Pandemi ini membuat kita harus berjarak, menunda bertemu dan tinggal lebih lama di rumah. Bagi teman-teman remaja, yang biasanya hangout dengan kawan-kawannya, akan menjadi ujian tersendiri jika sekian haru harus tetap di rumah saja.

Poster kegiatan Konseling Kanca Sambat

Oleh karenanya, PKBI DIY menghadirkan layanan ini agar remaja yang sedang di rumah saja tetap bisa berbagi cerita atau sekedar curhat. Layanan ini tidak memiliki batasan hanya seputar Covid-19 saja, tapi remaja bebas berbagi cerita dalam hal apapun, bisa bercerita mengenai asmara, seputar sekolah atau perkuliahan. Atau hanya sekedar butuh teman untuk ngobrolin musik, buku atau film juga bisa.

Sambat dapat dilakukan melalui WA di nomor 085742043247, 085727089212, 085786542048, 081319499493 atau 08952736808. Silakan sambat kawan. Sambut harimu dengan sambat kepada kami.

Konseling KB dan KIA

Pasangan dan perempuan hamil yang tetap di rumah saja atau melakukan isolasi mandiri terkadang bingung ketika muncul pertanyaan seputar KB dan kehamilannya. Kebanyakan dari mereka bingung karena banyak fasilitas kesehatan yang terfokus dalam penanganan Covid-19 ini.

Pertanyaan seputar gagal KB, perawatan setelah melahirkan selama pandemi Covid-19, apakah ibu yang terkena Covid-19 boleh menyusui anaknya merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka. Karena PKBI DIY juga membuka layanan konseling gratis KB dan KIA. Bari yang ingin melakukan konsultasi dapat menghubungi melalui WA di nomor 081228667998.

Art Performance from Home

PKBI DIY juga menampilkan Art Performance from Home, sebuah pertunjukan daring untuk menghibur teman-teman yang tetap di rumah saja atau melakukan isolasi mandiri. Dengan adanya hiburan ini diharapkan dapat mengurangi stress yang dihadapi teman-teman selama PPKM Darurat.

Pertunjukan disiarkan secara langsung melalui platform media sosial PKBI DIY, yaitu di instagram (@pkbidiy) dan Youtube (Kinaryo Makaryo) setiap hari Jumat dan Minggu mulai pukul 16.00-17.00. Pengisi acara ini bisa siapapun, tidak terbatas bagi mereka yang berafiliasi dengan PKBI DIY saja. Siapapun dapat mengisi acara ini dan menghibur teman-teman di rumah.

Harapan kami dengan layanan-layanan yang kami berikan ini dapat sedikit membantu mengurai rasa panik dan khawatir yang menyelimuti teman-teman selama PPKM Darurat. Dengan adanya layanan konseling, teman-teman bisa memiliki teman dan tidak kesepian.

Tinggalkan komentar