Welcome

Aktivis Belajar Menulis Berita

https://pkbi-diy.info/wp-content/uploads/2013/08/nyiur_hijau.mp3

writing
Bagi sebuah lembaga yang bergerak di isu sosial, membekali staf dan relawan dengan keahlian menulis berita adalah hal yang penting.. Rekam jejak yang menarik dari kejadian dan kegiatan ketika staf dan relawan bekerja di lapangan tidak begitu saja hilang dan hanya berakhir menjadi tumpukan laporan.

Untuk itulah PKBI DIY mengadakan pengayaan Teknik Menulis Berita bagi Staf dan Relawan pada Jumat (23/8). Bertempat di perpustakaan Youth Center PKBI DIY, pelatihan tersebut difasilitasi oleh Suharsih, Manajer Program Pusat Studi Seksualitas Youth Center PKBI DIY. Peserta pengayaan diajak langsung untuk praktek  menulis berita sesuai dengan prinsip 5W 1H.

“Dengan mengacu prinsip dasar penulisan jurnalistik tersebut hendaknya sebuah berita yang ditulis lebih mudah dibaca dan dipahami oleh khalayak umum,” kata Suharsih.

Selesai membuat berita, staff dan relawan diminta untuk menampilkan hasil tulisan di depan forum. Fasilitator lalu mengajak peserta untuk mengedit hasil tulisan masing-masing, meliputi bahasa, abjad, dan tata letak atau alur berita. Selama pengayaan peserta sangat menikmati, terlihat dari antusias peserta selama mengikuti pengayaan.

Menurut Maesur Zaky, Direktur Eksekutif Daerah PKBI DIY, pengayaan seperti ini penting sekali diadakan untuk menambah pengetahuna staff dan relawan.

“Ketika staff dan relawan mempunyai skill untuk menulis, kegiatan perkumpulan yang sifatnya publik, bisa ditulis menjadi sebuah berita dan dimasukan dalam portal berita PKBI. Sehingga berita tersebut bisa diakses oleh khalayak umum,” kata Zaky. (Mukhlis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *